-->
 

Bali Artilce

 

Bali Article
Bali Hotels Area
Bali Article
.
Bali Article
Bali Article
Welcome to Bali Article
Catur Ashrama
Kamis, 25 September 2008


Catur Ashrama adalah tahapan kehidupan yang ideal, disusun sesuai dengan pertumbuhan phisik, mental dan intelegensi manusia rata-rata. Namun tidak berarti bahwa proses belajar-mengajar terhenti di masa Grhastha, Vanaprastha dan Bhiksuka.

Mengenai pawiwahan, dalam sejarah juga ditemukan Pendeta yang sudah sanyasin menikah lagi (Danghyang Nirartha) dan di Manawa Dharmasastra Buku III (Tritiyo dhyayah) pasal 28 juga membolehkan seorang Pendeta yang setelah memimpin upacara menerima anak gadis (untuk dikawini) yang dihaturkan oleh sang Yajamana, Pawiwahan ini dinamakan Daiwa Wiwaha.

Dalam ephos Maha Barata dikisahkan Bhagawan Abyasa diminta oleh Ibunya Dewi Satyawati (didukung oleh Bisma) untuk mengawini janda Wicitrawirya yaitu Dewi Ambika dan Dewi Ambalika demi kelanjutan Hastina Pura karena selama ini kedua janda itu tidak sempat punya anak. Dari perkawinan semalam dengan Dewi Ambika lahirlah Dastarastra (kemudian menurunkan Korawa) dan dari Dewi Ambalika lahirlah Pandu (kemudian menurunkan Pandawa). Selanjutnya dengan seorang dayang Bhagawan Abyasa mempunyai putra bernama Widura. Jadi benar pendapat anda, bahwa unsur "desa-kala-patra" menjadi pertimbangan dalam Catur Ashrama.

Catur Purusharta adalah ambeg parama artha dalam kehidupan sehari-hari, tidak dalam tahapan yang dibatasi waktu.

posted by Bali @ 21.08  
0 Comments:
Posting Komentar
<< Home
 
About Me

Name: Bali
Home:
About Me:
See my complete profile
Previous Post
Archives
Links
Bali Article
Page Rank

Free Alexa Rank Checker Script

© 2006 Bali Artilce .Bali Information by back